Rabu, 29 April 2009

Hati-Hati dengan "Angin Duduk"

Hari itu, Dina (32) meminta izin pulang lebih cepat dari kantornya.Sejak Pagi, Dina merasa pusing dan mual. "Aku masuk angin nih,"
keluhnya pada Fahmi (35), su amin ya melalui telepon.

Setiba di rumah, Dina memesan bubur ayam serta teh panas untukmengurangi rasa tak enak badan yang d id eritanya. Setelah kerokan, iamengoleskan minyak kayu putih ke seluruh badannya, sebelum beranjakt id ur.

Lepas senja, Dina belum bangun juga, Fahmi yang baru saja pulang kantor.Menengok ke kamar, ditempat t id ur Dina memang masih tertelungkup,tapi....
sudah tak bernapas lagi!

Wajahnya kebiruan, tampaknya, Dina menahan rasa sakit sesaat sebelummenghembuskan napas terakhirnya. Selain panik, su amin ya juga bingung,Sejauh diketahuinya, selama ini kondisi kesehatan Dina baik-baik saja.Bahkan istrinya itu tergolong wanita gesit yang memiliki segudangakti vita s setiap harinya, Lantas, Penyakit "tersembunyi" apakah yangmerenggut nyawa Dina ?
***
menurut dr. H. Djoko Maryono, DSPD, DSPJ, ahli internis dan kardiologidari RS Pusat Pert amin a, yang dialami Dina adalah Angina Pectoris.Orang-orang kita dulu biasa menyebutnya sebagai penyakit angin duduk.

Gejalanya memang mirip masuk angin biasa, hanya sedikit lebih berat.Tak mengherankan. Penyakit ini cenderung disepelekan.

Masuk angin yang satu ini ternyata bukanlah masuk angin biasa. "Yangbiasa disebut angin duduk sesungguhnya adalah salah satu gejala penyakitjantung koroner, yang jika t id ak segera ditangani penderitanya bisalangsung meninggal hanya dalam waktu 15-30 menit setelah seranganpertama" dr. Joko mengingatkan.

Karena itu, kematian yang terjadi sama sekali bukan akibat kerokan ataupengolesan minyak angin, seperti yang dilakukan Dina , melainkan karena
t id ak terdeteksinya kelainan pada jantung penderita. Padahal,seandainya sepulang kantor Dina langsung pergi ke Rumah Sakit atau kedokter, dan bukannya malah kerokan dirumah yang sama sekali t id ak adahubungannya dengan sang penyakit, mungkin nyawanya masih sempatterselamatkan.

Ciri-ciri pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Anginapectorismemang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. Hanyapenderita juga merasakan dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluarkeringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. Sayangnya, hal inisering t id ak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung yangsifatnya kritis.

Menurut dr, joko, 20% dari keluhan angina pectoris yang diperiksakan kedokter atau rumah sakit ternyata terdeteksi sebagai penyakit jantungkoroner akut. Penyakit ini merupakan gangguan pd jantung akibatadanya kelainan pada pembuluh koroner, sehingga darah t id ak mampumengantarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh jaringan dinding ronggajantung. Karena itu, jika t id ak terdeteksi sejak awal, penderitanyabisa mengalami sudden death.

Penyakit angina pectoris itu sendiri berupa perasaan t id ak nyamanberkepanjangan, yang terjadi lebih dari 5 menit, akibat menurunnyatekanan darah yang memompa jantung. Akibatnya, jantung membutuhkanlebih banyak oksigen. Karena jantung t id ak mampu memompa dengansempurna, maka pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupakontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada pompa jantung tadi,kontraksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

PERBAIKI GAYA HIDUP

Sumber masalah sesungguhnya terletak pada penyempitan pembuluh darahjantung (vasokonstriksi) . Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :
- Pertama, adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darahakibat konsumsi kolesterol tinggi.
- Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus);
- Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh.darah akibat kejangyang terus menerus.
- Keempat, infeksi pada pembuluh darah.

" Gaya h id up masa kini yang kurang sehat dan t id ak teratur adalahpemicunya"tegas dr, Joko . Menurutnya, Zaman sekarang orang cenderung melupakan
pentingnya olahraga h id up dalamkondisi stress, sering t id ur larut malam, dan sering mencoba bermacampola diet yang t id ak sehat.

Kurang atau tak pernah olahraga akan menghambat kelancaran metabolismetubuh. Akibatnya, akan terjadi pengendapan lemak yang perlahan-lahandapat menyumbat lajunya aliran darah ke jantung.

Sementara itu, orang sekarang banyak yang mengaku tak punya cukup waktu oalahraga, menjaga diri dari kemungkinanobesitas (kelebihan berat badan) juga berperan penting untuk kesehatanjantung, karena kelebihan lemak dapat meminimalkan gerak pompa jantung,

Jadi jaga ukuran pinggang anda, karena perutlah semua jenis lemakmenumpuk. Untuk wanita, maksimal 80 cm, dan untuk pria, maksimal 90 Cm,karena jaga pola makan, hindari Junk Food, perbanyak asupan buah dansayuran serta fiber.

Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakitjantung koroner, Pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otakdipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selaludalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang. "Kurangnya istirahatdapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormone adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampangterjadi"

Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan (Selalu marah-marah. ..setiap saat...ada ga ya orang kayak gini..), Pasalnya, dalam marah-marah(Otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang sampaitubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerakcepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah...wouw. ..bisadibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dankarena t id ak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yanghalus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps ataubisa merengang nyawa,

o ya..kondisi ini juga berlaku ketika dia berolahraga ekstra keras(seperti main bola, yang dituntut berlari2 bolak-balik terus menerus),itu juga memicu jantung berdebar dan darah bergerak cepat, dan jika diamempunyai sumbatan2 dalam tubuhnya yang t id ak diketahui, maka kejadianpembuluh darah pecahpun akan menimpanya (seprti Almarhum Beny amin S danBasuki, mereka meninggal selagi bermain bola).

Wuiiih..ngeri ya...ya kalo udah seumur kita sih, harusnya udah ga cocoklagi untuk olahraga2 keras macam gitu, karena kita ga tau d id alam tubuhkita (adakah penyumbatan atau t id ak?) yang ringan2 aja lah seperti jalankaki, jogging, senam, bersepeda santai, atau olahraga pernapasan, dllyang terakhir kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkoholjuga berdampak negatif pada jantung, apalagi bila kebiasaan jelek inidilakukan sejak usia remaja.

***

Ada beribu jalan untuk h id up sehat, Tuhan memberikan kita sesuatu yangluar biasa banyaknya, setiap ada penyakit pasti Tuhan memberikanobatnya, tapi bukan itu masalahnya, pola h id up sehat dan seimbang haruskita jalani, "Mencegah lebih baik daripada mengobati."

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, mudah-mudahan berguna:
1. Minum Air putih minimal 8 gelas sehari
2. Banyak makan buah-buahan dan sayuran (serat alami)
3. Hindari stress, dan selalu sabar
4. Perbanyak berpuasa
5. T id ur yang cukup dan olahraga ringan diusahakan rutin

Gampangkan, O ya satu lagi, Tuhan menciptakan dunia ini berpasangan adaSurga ada neraka, ada pria ada wanita, ada putih ada hitam, ada baik adajahat, ada manis ada pahit, kesimpulannya jika kita banyak makan-makanan yang manis seperti coklat,teh manis, kopi susu, mimunam kaleng, dll. Usahakan...sekalilagi..usahakan seminggu sekali atau beberapa hari sekali makan yangpahit2 seperti Rebusan air sambiloto, makan pare, minum jahe atau jusmengkudu, makan bawang putih, dll

Dan jika kita merasa sering makan-makanan yang berlemak atau berlebihseperti daging, jeroan, sering ngemil, makan 2 piring atau selalu nambahusahakan...sekali lagi..usahakan berpuasalah sesering mungkin untuk mengimbanginya, atau minum madu atau minum/makan jinten item (habatussauda. .)

Oke guys...mulai sekarang kita berusaha untuk h id upsehat dan seimbang, agar kita bisa h id up dan beribadah dengan tenang...


(Sumber : Sebaran E-mail)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar